Kamis, 16 Mei 2013

Ion, molekul dan Senyawa




Ion :
Suatu atom atau gugus atom yang kehilangan atau menangkap satu atau lebih elektron sehingga tidak netral lagi. Atom yang bermuatan listrik, ion yang bermuatan positif disebut kation, dan ion yang bermuatan negatif disebut anion. Kation dan anion dapat berupa ion tunggal hanya terdiri dari satu jenis atom atau dapat pula berupa ion poliatom mengandung dua atau lebih atom yang berbeda.

·         Ion adalah atom yang bermuatan listrik
·         Ion yang bermuatan positif disebut kation. Contohnya Na+,K+,Mg2+,Ca2+
·         Ion yang bermuatan negatif disebut anion. Contohnya Cl-,O2-,S2-,I-
·         Ion terbentuk saat atom menerima atau melepaskan elektron.
·         Jika atom menerima elektron maka akan berubah menjadi anion
·         Jika atom melepaskan elektron maka akan berubah menjadi kation.

Peranan ion dalam kehidupan manusia sebagai berikut :
Cairan tubuh menusia mengendung ion-ion seperti Na+, Mg2+,Ca2+, Cl-. Saat tubuh kita banyak kehilangan cairan tubuh ,kita segera meminum larutan isotonik ataupun oralit. Dalam aki terdapat larutan asam sulfat yang mengandung ion hidrogen ( H+),dan ion sulfat SO4 2-.
Ion-ion akan bereaksi dengan elektroda sehingga menghasilkan arus listrik.

Molekul :
Gabungan dari beberapa atom unsur, bisa dua atau lebih. Artinya ketika berbicara molekul maka yang dibayangkan adalah gabungan atom - atom (bukan 1 atom). Molekul adalah partikel terkecil dari suatu unsur/senyawa.
- Jika gabungan dari atom unsur yang sama jenisnya maka disebut Molekul Unsur, Contohnya: O2, H2, O3, S8
- Jika gabungan dari atom unsur yang berbeda jenisnya maka disebut Molekul Senyawa, Contohnya: H2O, CO2, C2H5.


Senyawa :
Senyawa adalah zat tunggal yang terdiri atas beberapa unsur yang saling kait-mengait. Senyawa dibentuk dari minimal 2 unsur yang berbeda. Walaupun dibentuk dari unsur yang berbeda, namun senyawa tetap disebut zat tunggal, karena sifat-sifat unsur yang membentuknya tidak dapat di temukan pada senyawa. Dengan kata lain Senyawa telah menjelma menjadi zat yang baru.
Contoh:
Reaksi antara Hidrogen (H) dan oksigen (O2), diperoleh zat baru yang disebut air, yaitu:
H + O2 ——–> H2O
Pada reaksi tersebut, dihasilkan zat baru yang sifatnya berbeda dari unsur-unsur penyusunnya. Hidrogen adalah gas yang sangat ringan dan mudah terbakar, sedangkan oksigen adalah gas yang terdapat di udara yang sangat diperlukan tubuh kita untuk pembakaran. Tampak jelas bahwa sifat air berbeda dengan sifat hidrogen dan oksigen. Ciri khas senyawa adalah dia mempunyai perbandingan massa penyusun yang tetap, air tersusun dari oksigen dan hidrogen dengan perbandingan massa unsur oksigen banding hidrogen adalah selalu 8 : 1.
Perbedaan Senyawa dan molekul
“setiap senyawa adalah molekul namun setiap molekul belum tentu senyawa”. Senyawa adalah gabungan minimal 2 atom berbeda, sedangkan molekul gabungan minimal 2 atom bisa sama bisa juga berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar